Pentingnya Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Makanan sehat untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, asupan makanan sehat untuk ibu hamil sangat perlu diperhatikan oleh calon ibu untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungan. Sang ibu juga membutuhkan asupan protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin.

Asam folat juga sangat dibutuhkan untuk melindungi sang janin dari kelainan pada saat lahir nantinya. Asupan zat besi bagi calon ibu harus terjamin pulu kecukupannya selama masa kehamilan, agar jumlah oksigen yang didapatkan sang janin tercukupi pula. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan makanan sehat untuk ibu hamil dalam mendukung kesehatan sang ibu dan janinnya.

Ada beberapa rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat menunjang kesehatan dan asupan nutrisi yang dibutuhkan, yaitu :

1. Granola & Muesli, Sumber Karbohidrat dan Serat yang Baik Untuk Menutrisi Tubuh

Untuk mencukupi nutrisi karbohidrat dan serat untuk ibu hamil dan menyusui, granola & muesli dapat menjadi pilihan yang pas untuknya. Makanan sehat untuk ibu hamil ini dibuat dari gandum utuh yang mengandung banyak karbohidrat dan serat pangan. Granola & muesli dapat mencukupi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan buah kering yang terdapat pada kedua makanan tersebut dapat memberikan asupan vitamin yang banyak dan dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menyusui. 

2. Susu Nabati (Almond, Kedelai, ataupun Kacang Mede), Untuk Cukupi Kebutuhan Kalsium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ibu hamil dan menyusui wajib mencukupi kebutuhan kalsiumnya untuk kesehatan tubuh dan janinnya. Yang paling direkomendasikan untuk dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui adalah susu sapi. Namun susu nabati (plant-based milk) juga boleh menjadi pilihan yang lainnya untuk menjaga keseimbangan nutrisinya. Kandungan nutrisi alami yang dimiliki oleh kacang almond, beras, kacang mede dan kacang kedelai, serta susu nabati juga serupa dengan susu sapi. Nilai plusnya, susu nabati bebas dari laktosa, sementara susu sapi pada umumnya mengandung laktosa.  

3. Salmon Memilki Nutrisi Yang Berguna Untuk Membantu Perkembangan Otak Anak

Dari berbagai jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh manusia, ikan salmon dapat menjadi salah satu superfood yang sangat baik untuk dijadikan makanan oleh ibu hamil dan menyusui. Ikan salmon memiliki banyak protein, magnesium, zat besi, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan janin dan bayi, khususnya pertumbuhan otak. Bukan hanya itu, vitamin dalam ikan salmon juga mampu memperlancar ASI ketika masa menyusui. Sebagai catatan, hindari mengonsumsi ikan salmon dalam bentuk mentah agar dapat terhindar dari  pertumbuhan bakteri yang melekat pada dagingnya.

4. Yogurt & Parfait, Snack Creamyyang Bantu Cukupi Nutrisi Kalsium dan Probiotik

Yogurt dan parfait tidak saja bisa dijadikan sebagai snack atau cemilan sehat, tetapi juga bisa dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui. Dibuat dengan susu segar, yogurt dan parfait dapat menjadi pilihan yang cocok jika si ibu hamil bosan untuk mengonsumsi susu guna mencukupi kalsium, vitamin, dan mineral. Khusus dua jenis cemilan ini, di dalamnya terdapat probiotik yang membantu menjaga kesehatkan pencernaan dan juga untuk maksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. 

5. Telur Rebus Yang Sudah Matang, Pilihan Sarapan dan Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Untuk pilihan cemilan atau sarapan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui, telur rebus yang sudah matang bisa menjadi pilihan yang bagus, khususnya untuk dijadikan makanan sehat bagi ibu hamil. Kandungan kolin (choline) dalam kuning telur bagus untuk pertumbuhan otak janin, sementara protein dalam putih telur memastikan pembentukan sel tubuh janin bisa terjadi dengan baik. Meskipun demikian, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan seimbang untuk menghindari naiknya angka kolesterol akibat kuning telur.

Itulah sedikit gambaran tentang nutrisi dan makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui dari sekian banyak jenis makanan yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang saat sedang mengandung atau menyusui.