Persiapan Persalinan dengan Senam Ibu Hamil

senam ibu hamil

senam ibu hamil

Kelahiran adalah suatu momen yang dinanti nantikan oleh sepasang suami istri. Tak heran seorang bunda menginginkan agar proses persalinannya berjalan lancar tanpa ada hambatan. Oleh karena itu, persiapan menjelang kelahiran pun sangat penting dilakukan agar kondisi tubuh bunda tetap sehat dan normal. Saat kehamilan, tentunya tubuh bunda akan merasakan perubahan yang tidak nyaman. Pada kondisi ini, asupan nutrisi perlu dijaga begitu juga dengan olahraga rutin selama kehamilan. Namun bunda harus berhati hati dalam memilih olahraga yang aman bagi kesehatan bunda. Maka dari itu senam ibu hamil bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh bunda tetap sehat dan fit sampai menjelang proses persalinan.

Manfaat Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kondisi tubuh bunda tetap sehat. Selain itu, senam ibu hamil memiliki beberapa manfaat lainnya diantaranya :

  • Menambah kesehatan jantung dan paru-paru
  • Meningkatkan energy bagi ibu hamil
  • Mampu menurunkan stress saat kehamilan
  • Menurunkan resiko komplikasi saat kehamilan
  • Menghilangkan masalah insomnia (susah tidur)
  • Menghindari resiko obesitas (berat badan berlebih) selama kehamilan
  • Memperkuat sendi-sendi tubuh
  • Melatih tubuh bunda untuk persalinan
  • Mempercepat waktu pemulihan pasca proses persalinan
  • Membantu mengatasi keluhan-keluhan selama kehamilan

Gerakan Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil memiliki gerakan gerakan yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu hamil sehingga tak membahayakan bagi kehamilan. Senam ibu hamil tidak akan mengganggu calon bayi yang akan lahir karena gerakan-gerakannya berupa gerakan ringan yang berguna sebagai peregangan otot tubuh bunda. Justru senam ibu hamil disarankan untuk melakukannya baik di rumah atau di tempat-tempat khusus senam ibu hamil. Berikut beberapa gerakan senam ibu hamil yang dianjurkan :

  • Berdirilah dengan punggung bersandar pada dinding sambil melemaskan tulang punggung bunda. Kemudian menarik napas dengan satu kali tarikan napas, sambil punggung bagian bawah ditekan. Embuskanlah napas dengan perlahan lahan. Lakukan gerakan ini secara rutin dan berkala setiap hari, selama kurang lebih 5 menit. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot perut, memperbaiki postur tubuh, menghilangkan masalah sakit punggung, serta membantu bunda menghadapi proses persalinan.
  • Berbaring di sisi kiri tubuh bunda dengan menyejajarkan pundak, lutut dan pinggul bunda. Menyangga kepala dengan lengan kiri dan meletakkannya di depan bunda untuk menjaga keseimbangan tubuh. Angkatlah kaki kanan perlahan-lahan semampu bunda dengan satu tarikan napas. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali. Lakukan pula untuk sisi sebaliknya. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan otot paha bunda.
  • Merangkaklah dengan lutut dan telapak tangan menempel lantai. Tarik pinggang ke arah atas secara perlahan lahan, seperti seekor kucing yang sedang meregangkan punggungnya ke arah atas. Turunkan kembali pinggung bunda lalu mengulanginya dari awal. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Gerakan ini mampu mengatasi masalah sakit punggung, memperbaiki postur tubuh bunda, terutama ketika perut bunda semakin membesar pada masa akhir kehamilan.
  • Melakukan latihan kegel dengan meremas otot pelvis bunda sama seperti ketika menahan buang air kecil. Tahan selama lima sampai sepuluh detik, lalu lepaskan. Lakukan gerakan ini 10 kali sebanyak 5 kali dalam sehari. Gerakan ini dapat membantu menguatkan otot yang diperlukan saat kelahiran.

Tentu saja terdapat beragam jenis gerakan-gerakan senam ibu hamil lainnya yang juga memberikan banyak manfaat bagi kehamilan. Namun demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, konsultasikanlah dengan dokter kandungan atau bidan. Sehingga bunda bisa mendapatkan manfaat senam ibu hamil secara optimal. Semoga bermanfaat.